Yogyakarta | NarasiDesa.com | Suatu Desa yang telah berhasil membawa kemandirian dan kemakmuran bagi desanya, tentu akan menjadi rujukan bagi desa yang lain agar dapat mengikuti jalan keberhasilan yang telah dicapai.

Begitu juga yang dilakukan oleh aparatur pemerintah Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur yang datang dan belajar kepada Desa Ponggok Klaten, hari Sabtu 19 Maret 2022 berlokasi di Yogyakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Ponggok, Junaedi Mulyono, didampingi salah satu Direktur BUMDES Ponggok, Andra Mahardhika.

Kepala Desa Sukolilo Barat menyampaikan bahwa forum ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan aparatur dan masyarakat Desa Sukolilo Barat untuk kemajuan desanya.

Kepala Desa Sukolilo Barat Muhammad Faiq bersama Kepala Desa Ponggok Junaedi Mulyono

“Sebelumnya saya sendiri sudah datang ke Ponggok dan sangat terinspirasi, sehingga saya ingin aparatur dan masyarakat desa saya juga termotivasi untuk maju,” demikian disampaikan oleh Faiq kepada ND.

Sementara dalam kesempatan paparannya, Junaedi menyampaikan tentang 4 siklus pengembangan Ponggok yang terdiri atas pemetaan, perencanaan, eksekusi dan keberlanjutan. Lebih lanjut Kepala Desa yang telah memimpin Desa Ponggok selama 3 periode ini, menekankan agar Sukolilo lebih memperdalam tatakelola kelembagaan dalam kolaborasi mewujudkan visi misi desa.

Peserta nampak antusias mengikuti penjelasan Lurah Ponggok, dan aktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber. (/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published.