KLATEN | NARASIDESA.COM – Sebanyak 17 OPD dan lembaga pemerintah lingkup Propinsi Jawa Tengah sepakat dan berkomitmen untuk berkolaborasi dalam pendampingan pengembangan Desa. Hal ini dinyatakan dalam Forum Group Discussion Sinergitas Kegiatan Pengembangan Desa Dampingan yang berlokasi di Desa Tibayan Klaten pada Selasa, 29/03/2022.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Disporapar Jawa Tengah, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Disporapar, Sinung N. Rahmadi, MM bahwa Gubernur telah mengeluarkan kebijakan setiap OPD untuk mendampingi satu desa, dan desa dampingan Disporapar tahun 2022 ini adalah Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Dalam forum tersebut berbagai pihak yang hadir menyatakan komitmen dan kontribusinya sesuai tupoksi dan program masing-masing OPD.

Dispermades Jawa Tengah menyatakan siap mendukung pembinaan dan pengembangan bagi BUMDesa Tibayan. “Kami butuh informasi klasifikasi BUMDesa di desa Tibayan ini termasuk kategori BUMDesa rintisan, pengembangan, mandiri atau maju ya,” Demikian disampaikan Lutfi dari perwakilan Dispermasdes.

Sementara dari Badan Ketahanan Pangan Jateng siap untuk berkontribusi dalam program Stimulan Desa Mandiri Pangan berupa bantuan ternak ayam, kandang dan pakan untuk tahun 2022 dengan ketentuan. Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan (OPP) berupa bantuan bibit sayur, buah, rumah bibit, dan bioflog untuk kelompok dengan anggota 30 orang.

Sebagai tindaklanjut FGD, Desa Tibayan diharapkan secara proaktif mengirimkan surat permohonan bantuan sesuai dengan daftar komitmen para pihak kepada OPD, dan masing-masing OPD diminta untuk memberikan respon secara cepat dan tepat. (/LTJ)

NarasiDesa TV

Leave a Reply

Your email address will not be published.