BANTUL | NARASIDESA – Desa Murtigading merupakan desa yang terletak secara administratif di Kecamatan Sanden Bantul. Desa ini merupakan Desa yang berada di jantung Kecamatan Sanden.

Desa Murtigading memiliki potensi besar terutama sebagi eksisting pengembangan kawasan perkotaan karena memiliki lokasi yang strategis. Hampir seluruh kantor instansi pemerintahan Kecamatan Sanden berada di wilayah Desa Murtigading ini. Kantor Instansi Pemerintah yang berada di level Kecamatan berada di wilayah adminstrasi Desa Murtigading yang terdiri atas Koramil Sanden, Puskesmas Sanden, SMP N 1 Sanden, SMA N 1 Sanden, KUA Kecamatan Sanden, dan Kantor Kecamatan Sanden.

Desa Murtigading merupakan dataran rendah yang dekat dengan pantai selatan, tepatnya Pantau Baru, yang memiliki hamparan lahan pertanian yang subur. Selain komoditas pangan, desa murtigading juga tengah mengembangankan buah klengkeng berbasis kebun dan pekarangan warga yang saat ini juga telah menjad salah satu daya tarik bagi pelancong untuk berwisata ke murtigading yang dipusatkan di Dusun Pesanggrahan.

Selain potensi pertanian dan perkebunan, Murtigading juga memiliki potensi ekonomi berupa kegiatan ekonomi produktif warga dalam usaha mikro kecil, terutama dari olahan pangan dan kerajinan. Banyak warga yang bekerja dalam industri mikro memproduksi olahan makan seperti keripik pisang, peyek kacang, ampyang, berbagai kue basah dan kering, serta yang menjadi ciri khas adalah kue adrem.

Adrem atau sebagian juga menyebutnya “tholpit’ atau “manatahan” merupakan makanan khas murtigading sejak dahulu yang  bahan baku utamanya adalah tepung beras, kelapa parut, dan gula jawa yang digoreng. Campuran tepung beras dan kelapa parut selanjutnya dicampur dengan gula merah yang sudah dilelehkan, ditumbuk, kemudian dicetak bulat seperti bakso yang dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng. Bentuk unik kue adrem diperoleh pada saat proses penggorengan, yaitu dengan cara dijepit dengan bilah bambu.

Proses produksi berbagai produk UMKM dengan rantai nilai dari bahan baku sampai dengan aktivitas pemasaran yang didukung oleh desa melalui BUMDes inilah yang menjadi atraksi utama wisata desa Murtigading. Semua bahan baku ada dan diproduksi di desa, sedangkan untuk proses produksi dilakukan oleh kelompok dasawisma di beberapa dusun. BUMDesa Murtigading Lestari memegang peranan penting dalam memastikan akses pemasaran yang lancar melalui kerjasama pengadaan konsumsi untuk belanja anggaran kegiatan pemerintah desa maupun kantor kecamatan Sanden yang memang berlokasi di desa Murtigading.

Leave a Reply

Your email address will not be published.