LUBUK PENYENGAT di Desa Baru Jambi Memang Menyengat

ByKontributor

11 December 2020

JAMBI, NARASIDESA.COM – Tahukah Anda bahwa situs candi terluas di Indonesia berada di Propinsi Jambi ? Ya, situs candi Muara Jambi merupakan situs yang memiliki total luasan 12 km persegi yang terdiri dari 110 situs candi yang sebagian ebsar berupa gundukan tanah (menapo) yang belum dikupas (diokupasi).

Di sekitar candi ini ada sebuah desa yang bernama Desa Baru, terletak di kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muara Jambi yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan dari Kota Jambi.

Lokasi wisata yang dibangun  oleh pemuda desa dengan masyarakat ini menawarkan konsep yang cukup unik, di sini pengunjung akan dimanjakan dengan pondok diatas aliran sungai desa yang mengalir disepanjang jalan lintas Jambi Muara sebo. Oleh komunitas pemuda setempat juga dibuat berbagai spot yang unik untuk para pengunjung dapat berfoto. Berbagai patung jerami berukuran besar menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung

Pada awal mulanya para pemuda ini tergerak ingin memperbaiki nasibnya di tengah kehidupan masyarakat desa yang berada di tengah perkebunan karet dan juga obyek wisata Candi Muara Jambi ini. Dahulu Kompleks candi ini merupakan pusat pembelajaran agama Budha yang terkenal, bahkan diceritakan muara jambi merupakan tempat transit para pelajar Budha dari China yang akan berlayar ke India.

Sarana transportasi utama waktu itu diantaranya adalah perahu yang menyusuri aliran sungai yang menghubungkan kawasan pantai dengan kompleks Candi Muara Jambi. Seiring perkembangan zaman, infrastruktur jalan dan jembatan dibangun di wilayah ini, sehingga menggeser fungsi sungai sebagai lalu lintas aktivitas manusia. Alhasil sungai-sungai (Lubuk dalam bahasa Jambi, Red) tertutup gambut yang tebal.

Para pemuda mulai bergotongroyong untuk membuka hamparan gambut sehingga terbentang sungai yang indah, apalagi para pemuda kreatif ini menambahkan berbagai bangunan dan karya ornamen yang menarik bagi pengunjung untuk datang dan berswafoto di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *