BOYOLALI | NARASIDESA.COM – Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah terus berbenah dan bertransformasi menjadi desa wisata. Desa yang terletak di lereng Gunung Merapi dan Merbabu itu menawarkan panorama alam pegunungan yang indah alami, sejuk dan cantik. Seiring dengan hal ini, sejumlah infrastruktur pendukung untuk menunjang kegiatan wisata pun terus dilengkapi, termasuk adanya tempat penginapan pengunjung. Warga pun diajak untuk menyambut wisatawan dengan menyediakan rumahnya sebagai homestay. Dari menara pandang di desa tersebut, terlihat jelas puncak Gunung Merapi yang masih aktif erupsi, namun terkadang tertutup kabut tebal dan awan.

Selain pemandangan alam, warga setempat juga diajak mengelola ladang pertanian menjadi lokasi wisata. Kegiatan peternakan, pertanian tetap digarap oleh warga, namun dikelola dengan lebih profesional menunjang desa wisata.

Ketua Koperasi Damandiri Sejahtera Desa Samiran, Bayu Pramana, menjelaskan bahwa Desa Samiran terus berkembang hingga menjadi kini menjadi desa mandiri. Desa Samiran juga mendapat berbagai bantuan program berkelanjutan dari keluarga besar Soeharto melalui Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri).

Dulhadi (42) warga Selo, sebelumnya bekerja sebagai petani sayur, kini ia bekerja di salah satu homestay di Samiran. “Sebelumnya saya kerja sebagai petani sayur, tapi hasilnya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan adanya homestay dan akhirnya saya ikut bekerja di sini membuat saya bisa mendapatkan tambahan pendapatan untuk keluarga”, tuturnya.

Ketua Yayasan Letjen (Purn) Sugiono mengatakan bahwa secara ekonomi adanya kampung homestay di bawah Koperasi ini sangat menguntungkan. “Karena sebulan saja ini sudah menghasilkan 150 juta rupiah. Ini angka yang bagus ya. Dari Yayasan Damandiri kita akan membantu terus selama alasannya logis”, ujarnya saat meninjau langsung sejumlah unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, baik itu Taman Bunga Merapi Garden, Kampung Homestay maupun Warung Kita Damandiri, Sabtu (12/06/2021).

Ke depan pihaknya akan memberdayakan masyarakat melalui sektor pariwisata di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo Boyolali, Jawa Tengah tersebut.

Dihadiri sejumlah pengurus Yayasan Damandiri mulai dari Sekretaris Yayasan Firdaus, Bendahara Yayasan, Siswanto Djojodisastro serta Pengawas Yayasan, Fuad Bawazier, hingga Sekretaris Yayasan, Retnosari Widowati Harjojudanto atau yang lebih dikenal sebagai Eno Sigit.

Seringnya kekurangan air dan masalah pelebaran jalan menjadi kendala yang disampaikan sejumlah pengurus koperasi mewakili manajamen Kampung Homestay Damandiri saat acara berlangsung. (nch)

One thought on “Desa SAMIRAN Boyolali Inspirasi Kampung Homestay Lereng Merapi-Merbabu”
  1. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds also‚ĶI’m happy to find so many useful information here in the post, we need develop more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *