Platform DESA DIGITAL Ponggok untuk Transparansi Layanan serta Penguatan UMKM dan Koperasi

BySuper Admin

25 May 2021

NARASIDESA.COM | Saat ini dunia sudah memasuki zaman 4.0. Kemajuan teknologi sangatlah pesat. Hal ini ditandai dengan semakin masifnya penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Perlahan masyarakat bergerak menuju digitalisasi. Informasi semakin mudah tersebar dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat berkat adanya internet, bukan hanya masyarakat di perkotaan, akan tetapi masyarakat yang ada di pedesaan juga harus dapat menyerap kemajuan itu. Pada era digital ini internet di pilih sebagai media baru untuk sebuah tujuan, yaitu peradaban kemajuan zaman.

Berangkat dari mimpi dan rasa optimisme yang besar, desa Ponggok mengawali digitalisasi desanya sendiri.

Desa Ponggok merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis desa ini dikelilingi dengan sumber mata air dengan latar belakang ekonomi masyarakat yang bervariasi. Desa Ponggok yang sudah tersohor dengan kemajuan BUMDesnya, menjadi percontohan berbagai desa lain.

Kesuksesan BUMDes desa Ponggok ini ditandai dengan keberhasilannya menduniakan Umbul Ponggok menjadi destinasi wisata yang me-Nasional. BUMDes Ponggok tidak berhenti sampai di situ dan masih memiliki cita-cita untuk memajukan desa dengan berbagai potensi serta kearifan lokal yang belum terekspose dengan memanfaatkan digitalisasi.

Maka BUMDes Ponggok melalui badan usahanya yaitu PT. KSP (Kedung Sumber Panguripan) meluncurkan serta membidani aplikasi Desa Digital sebagai pusat layanan masyarakat.

Desa Digital atau Digital Village merupakan suatu konsep tentang pengembangan desa dengan memanfaatkan kejeniusan masyarakat pedesaan membaca dan mengelola alam yang di padukan dengan teknologi digital baik dalam pelayanan publik maupun pengembangan kawasan, seperti pariwisata, keunggulan geografi potensi desa, infrastruktur, informasi dan komunikasi, transparansi, zonasi, irigrasi/drainasi dan energy. Dengan aplikasi Desa Digital diharapkan mampu menurunkan biaya dan meningkatkan pelayanan publik serta taraf hidup masyarakat desa pada kemajuan zaman

Telah kita ketahui bahwa teknologi merupakan suatu alat untuk mengurangi, mengefisienkan biaya dan meningkatkan kinerja suatu pelayanan. Dengan menggunakan teknologi, desa akan lebih maju dan mandiri. Dan salah satu jalan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Cara memanfaatkan layanan ini pun sangat mudah. Hanya dengan mengunggah aplikasi Desa Digital di smartphone kemudian mendaftarkan nomer telpon. Selanjutnya warga sudah bisa mengakses semua layanan yang disiapkan. Mulai dari layanan koperasi, wisata, potensi desa, serta layanan-layanan dan informasi desa lainnya.

Desa digital juga dapat memudahkan transaksi jual beli dengan adanya pasar desa. Semua warga dapat menjual produk jualannya secara virtual serta dapat membeli tanpa harus keluar rumah dengan adanya manfaat jasa antar. Dan jika desa-desa di seluruh Indonesia sudah terkoneksi dengan aplikasi Desa Digital ini, maka akan lebih mudah dalam pertukaran ide usaha, budaya, ataupun transaksi dari keunggulan desa masing-masing. Begitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *