Tulisan ini dipersembahkan oleh KEDAI KOPI

NARASIDESA.COM | ENSICOFFEEDIA – Banyak ragam cara yang dilakukan barista dalam menyeduh kopi. Tujuannya sama, yaitu agar diperoleh citarasa kopi yang terbaik. Jika memiliki peralatan yang lengkap, Anda bisa menyeduh kopi dengan berbagai metode: espresso, V60, vietnam drip, dan sebagainya. Namun jika tidak ada peralatan maka alternatif terpopuler adalah “kopi tubruk”. Namun belum tentu semua penikmat kopi tahu bagaimana cara membuat kopi tubruk yang enak.

Istilah “kopi tubruk” digunakan untuk metode seduh kopi secara langsung, yang mana kopi dalam cangkir langsung diseduh dengan air panas kemudian diaduk. “Air panas nubruk kopi, atau kopi ditubruk air panas”

Meskipun sederhana, namun jika dilakukan secara asal-asalan niscaya tidak akan diperoleh citarasa optimal. Kopi terbaik memberikan rasa berbeda dengan kopi instan atau kemasan.

Nah, bagi kamu yang ingin bisa membuat sendiri kopi tubruk yang nikmat, berikut ini tips bagaimana cara membuat kopi tubruk yang enak:

  1. Untuk satu cangkir medium; ambil kopi bubuk 10-12 gram (setara 2 sendok teh penuh). Taruh di cangkir kopi (tea cup 150 – 180cc)
  2. Panaskan air hingga mendidih, diamkan 3-5 menit hingga suhu turun 95 – 90 derajat celcius
  3. Tuangkan air ke cangkir berisi kopi sampai bubuk kopi basah semua (rata) atau 1/3 gelas. Tunggu 30 detik, akan terlihat keluar gelembung2 udara (ini disebut proses blooming atau degassing).
  4. Tuang sisa air hingga gelas hampir penuh (9/10)
  5. Diamkan 2 – 3 menit lalu aduk hingga aroma dan rasa tercampur maksimal.

Note:
Dalam sajian kopi akan muncul Crema, yakni minyak kopi berwarna coklat gelap kadang keemasan yang ikut larut saat penyeduhan. Semakin gelap warnanya, biasanya semakin pahit kopi tersebut, namun jika tidak ada crema perlu dipertanyakan originalitas kopinya (kecuali disaring dengan kertas)
Bagi yang mempunyai masalah dengan lambung, lebih baik Crema tersebut dibuang dan hanya meminum cairan kopinya saja.
Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, kopi sebaiknya diminum tanpa menambahkan pemanis berupa gula, cream, susu tinggi lemak dan lainnya. Sebagai gantinya dapat disiapkan kudapan manis alami sesaat setelah menyeruput kopi guna mengurangi rasa pahit dari kopi tertentu.

#TetapSehatTetapNgopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.