KLATEN | NARASIDESA.COM – Bimtek Desa Wirausaha Berkelanjutan akan kembali digelar pada 9-12 Februari 2022, atau selama 4 hari 3 malam. Demikian seperti disampaikan pemimpin umum Narasidesa.com yang sekaligus pencetus Desa Wirausaha, Cahyadi Joko Sukmono.

Pelatihan yang akan diselenggarakan secara luring ini mengambil lokasi di dua desa di Kabupaten Klaten, yaitu Desa Karangdukuh dan Desa Ponggok. Desa Karangdukuh yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Jogonalan merupakan tipe desa sub urban yang memiliki karakter potensi dan masalah khas secara ekonomi, sosial dan budaya. Peserta akan diajak live-in selama dua hari di desa ini untuk belajar sambil praktik modul pemetaan dan perencanaan dalam penumbuhan wirausaha desa.

Sedangkan Desa Ponggok merupakan salah satu desa di kecamatan Polanharjo yang telah berkembang maju menjadi desa pelopor, bahkan pernah mendapatkan gelar sebagai desa miliarder karena keberhasilan pengelolaan BUMDESA untuk menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Di desa Ponggok, peserta pelatihan tidak sekedar belajar tentang jalan sukses Desa Ponggok, namun juga akan dilatih secara teori dan praktik untuk menyelesaikan masalah pada desa dengan tipe seperti Ponggok.

“Desa Wirausaha adalah desa yang memiliki kapasitas dan kompetensi dalam memetakan potensi yang dimiliki desanya, dan dengan pendekatan kewirausahaan mampu mengubah potensi tersebut menjadi sumber kemakmuran bagi warga desanya,” demikian Cahyadi menjelaskan definisi Desa Wirausaha.

Dalam bimtek ini peserta diajak live-in di desa untuk belajar teori konsep 4 siklus pengembangan Desa Wirausaha sekaligus praktik dengan menggunakan desa tersebut sebagai studi kasus. Peserta akan berinteraksi langsung dengan aparatur pemerintah desa dan warga desa dalam prosesnya, sehingga diharapkan dapat menerapkan pada desanya masing-masing.

Beberapa narasumber kompeten juga akan dihadirkan dalam bimtek ini seperti

  1. Saryanta (Ketua Umum Perserikatan Bumdesa Indonesia)
  2. Muchlis Ali (KOMPAK- Bappenas)
  3. Destry Ana Sari (Kemenkop UKM RI)
  4. Wahyudi Anggoro Hadi ( Kepala Desa Panggungharjo)
  5. Junaedi Mulyono (Kepala Desa Ponggok)
  6. Azfa Pabulo (Universitas Mercu Buana)
  7. Agus Supriyo (Aplikasi Jelajah)
  8. Agung Hartono (Aplikasi Desa Digital)

Bimtek ini selain dapat diikuti secara langsung atau luring di Klaten juga dapat diikuti secara virtual melalui kelas live menggunakan aplikasi zoom meeting. Segera pastikan mendaftar melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.