tulisan ini dipersembahkan oleh Kedai Kopi

Kopi mengandung zat antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
Takaran minum kopi yang ideal bagi orang sehat dan tidak sensitif terhadap kafein adalah 2-3 cangkir kopi per harinya atau maksimal 4 cangkir. Namun, perlu diingat kalau yang dapat dikonsumsi rutin adalah kopi hitam tanpa perasa tambahan.

  1. Risiko Gagal Jantung Berkurang
    Ternyata dengan minum kopi bisa memberikan manfaat dalam mengurangi risiko gagal jantung. Hal ini telah diuji dalam meta-analisis terbaru yang dilaporkan dalam jurnal American Heart Associantion.
    Pengujian tersebut dilakukan oleh 3 partisipan dan hasilnya mereka melaporkan kalau minum kopi dengan jumlah lebih banyak memiliki risiko gagal jantung paling kecil. Faktanya dijabarkan oleh Framingham Heart Study yang menemukan adanya penurunan 5%-12% risiko gagal jantung dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi.
  2. Melawan Radikal Bebas
    Sebagai salah satu minuman yang kaya zat antioksidan membuat kopi bisa melawan radikal bebas yang terjadi dalam tubuh manusia. Zat antioksidan pada kopi berasal dari polifenol.
    Polifenol bertindak sebagai zat antioksidan untuk membantu melawan peradangan sistemik dan menetralisir radikal bebas. Sehingga kesehatan jantung bisa meningkat. Polifenol pada kopi juga menawarkan perlindungan dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan lainnya.
  3. Tekanan Darah Meningkat
    Selain manfaat baiknya, kopi juga bisa memberikan efek buruk bagi mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi kopi atau intoleransi terhadap kafein. Karena, kopi bisa meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung berdebar.
    Jadi, untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari kopi atau kurangi jumlahnya sesuai anjuran ahli. Tapi, para ilmuan menyebutkan tidak perlu khawatir untuk penikmat kopi yang memiliki tekanan darah normal dan tidak ada kecenderungan hipertensi
  4. Menurunkan Risiko Penyakit Pembuluh Darah
    Sebuah review pada 53 studi yang mengevaluasi konsumsi kopi jangka panjang dan penyakit kardiovaskular menyimpulkan hal penting. Partisipan yang mengonsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular lebih dari 10% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.
    Bagi peminum berat kopi, lebih dari 6 cangkir per hari mungkin punya faktor pola makan dan gaya hidup yang bisa mempengaruhi manfaat sehat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.